PROGRAM CELENGAN BAMBU ASG BERBAGI

hou070714hr-5Yayasan Kemanusiaan Tzu Chi sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Program berbagi lewat celengan bambu yang diterapkan oleh Tzu Chi merupakan wadah untuk mengajak seluruh umat manusia untuk menebarkan cinta kasih kepada siapapun yang membutuhkan. Dana yang terkumpul dari aksi ini banyak digunakan untuk penyediaan fasilitas pendidikan bagi masyarakat, pembangunan rumah sakit sebagai bagian dari pelayanan kesehatan, dan beragam bantuan sosial lainnya diberikan kepada masyarakat yang kurang beruntung, sakit, dan terkena bencana alam.

Sebagai benang merah untuk menyambung misi Yayasan Buddha Tzu Chi bersama dengan Agung Sedayu Group, dibentuklah program “ASG Berbagi” pada awal tahun 2014 lalu. Bapak Sugianto Kusuma, Founder & Chairman ASG, sekaligus juga wakil ketua Yayasan Tzu Chi Indonesia menularkan semangat memberi kepada setiap orang yang menjadi bagian dari Agung Sedayu Group (ASG). Salah satu program yang diluncurkan oleh ASG adalah dengan membagikan ribuan celengan kepada seluruh karyawan ASG beserta keluarga. Setelah itu, pengumpulan dan penghitungan dana dari celengan bambu akan dilakukan secara transparan setiap 3 bulan sekali.

Jumlah celengan bambu yang dibagikan kepada karyawan ASG hingga saat ini telah mencapai 11.338 buah. Para tenant dan beberapa suplayer sudah mulai diajak dan dilibatkan dalam aksi berbagi ASG ini.

Agung Sedayu menutup lembaran tahun 2014 lalu dengan telah 2 kali melakukan penuangan celengan bersama, yang jatuh di bulan Juli dan Oktober. Ratusan juta dana yang telah terkumpul digunakan untuk memperluas misi Yayasan Tzu Chi. Harapannya hal ini akan menjadi rutinitas positif yang terus ditanamkan dan ditularkan oleh seluruh karyawan ASG. Bulan Februari 2015 mendatang akan menjadi momentum ketiga kalinya dana celengan bambu yang terkumpul dari ASG akan dikumpulkan dan dihitung bersama-sama.

Gerakan celengan bambu merupakan salah satu program CSR ASG. Dalam waktu dekat, ASG berencana membuka pendaftaran bagi mereka yang tergerak hatinya untuk menjadi bagian dari relawan Agung Sedayu yang memiliki tugas mendistribusikan bantuan kepada masyarakat luas. Tidak sampai disitu saja, Relawan ASG Berbagi akan menyelenggarakan aksi donor darah yang akan berlangsung setiap 3-4 bulan sekali. Dengan program ASG berbagi ini, keluarga besar ASG sedang menanam nilai-nilai kemanusiaan, dengan terus menjunjung tinggi sikap berbuat baik dan menolong sesama. Diharapkan tuaian yang baik akan dicapai dari bibit kebaikan yang terus dipupuk.